Cerita Soal Pendaftaran dan Sesi Interview Crew BBW

Juli 19, 2022

 


Sekitar tiga hari terakhir ini, aku lagi fokus mengikuti perkembangan open recruitment untuk jadi crew di Big Bad Wolf (BBW) Jogja yang akhirnya, bakal ada lagi setelah 2 tahun, di tanggal 28 Juli sampai 7 Agustus nanti.

Barusan banget aku baca entriku di tahun 2019 lalu tentang pengalamanku dateng kesana untuk pertama kali. Aku kangen banget nulis hal yang serupa! Berhubung hari ini aku baru aja selesai interview untuk jadi crew nya, aku bakal ceritain tipis-tipis deh pengalaman dan hal-hal yang aku tahu soal registrasi dan sesi interviewnya. Siapa tahu ada teman-teman dari kota lain yang bakal didatengin BBW seperti Bandung dan Jakarta yang butuh info ini.

Yuuuk, langsung aja. Cus!


Berhubung BBW di Surabaya udah di minggu terakhir, aku sempat inisiatif buat nge-DM Instagram resminya BBW (@bbwbooks_id) buat nanyain apakah mereka akan buka lowongan untuk crew di Jogja. Soalnya, di tahun 2019 mereka umumin itu di Instagram, cuma kok yang di Surabaya kemarin enggak ada. Aku kira pengumumannya lewat story dan aku kelewat karena jarang buka insta.

Ternyata, beberapa hari kemudian, aku justru dapet info oprec crew BBW Jogja lewat base Twitter, namanya Literary Base. Katanya, pengumuman itu emang nggak di-spill di akun resmi, tapi di grup ex crew 2019. Setelah aku cross check ke pihak BBW, ternyata emang valid.

Pendaftarannya sendiri dilaksanakan lewat Google Form. Ada beberapa dokumen yang perlu diunggah, yaitu:
  • Foto KTP
  • CV
  • Pas foto
  • Ijazah kuliah, atau surat keterangan dari kampus (kemarin di form ditulisnya ijazah terakhir, jadi aku masukin ijazah SMA, kata beberapa orang kayak gini juga nggak papa, tapi mending kalau punya surat keterangan mahasiswa gitu gitu, masukin yang itu aja, ya
Nah, selain itu kamu juga harus siapin nomor rekening untuk keperluan pengiriman gaji kalau nanti diterima dan selesai kerja. Buat rekeningnya sendiri, di formulir BBW cuma menerima Bank BCA dan Mandiri. Kalau kamu pakai bank lain, boleh pinjem rekening saudara atau teman, nanti ada kok pilihan buat kamu menjelaskan itu rekening punya siapa.

Kalau udah, kamu juga bakal disuruh ngisi pilihan section dan shift. Buat yang udah pernah ke BBW langsung pasti tahu kalau ada beberapa section di bazaar ini, di antaranya yaitu non fiksi, fiksi, buku anak-anak, buku terbitan Mizan, dan lain sebagainya. Khusus buat bagian angkat junjung itu bisa diisi khusus untuk cowok-cowok.

Shift nya sendiri ada tiga kalau di form. Shift pagi sampai sore, sore sampai dini hari, dan satunya lagi aku lupa rentang waktunya kapan. Soalnya seingetku, tiga shift ini cuma berlaku sebelum dan setelah sales day karena semua crew harus menata buku dan membereskan venue. Apalagi, sesuai di poster, tahun ini bakalan ada 35 ribu judul buku baru. Lumayan, yhaa~

Setelah registrasi, sering-seringlah buka email termasuk bagian spamnya. Karena disitulah pengumuman selanjutnya bakal dikirim.

Beberapa hari setelah selesai registrasi, aku dapet email undangan interview. Tapi disitu belum ada tempatnya dan katanya bakal segera dikonfirmasi. Cuma ada keterangan waktu, yaitu di hari Minggu pagi dan berkas yang harus dibawa dan dimasukkan ke map merah, yaitu:

  1. CV
  2. Pas foto 4x6
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy ijazah buat yang udah lulus kuliah, legalisir (ini aku ganti pakai fotocopy KTM, tapi better pakai fotocopy surat keterangan dari kampus sih menurutku).
Masalahnya, email kedua yang harusnya berisi keterangan tempat itu nggak kunjung aku terima padahal udah rajin banget mantengin dan refresh email setiap saat. Untungnya, aku sempet liat beberapa orang ngobrol soal hal ini di base dan akhirnya aku minta dimasukin di grup DM yang isinya kandidat interview Jogja.

Sampai hari Senin, aku masih belum dapet email, padahal temen-temen lain di grup itu banyak yang udah dapet. Akhirnya, ada info kalau yang belum dapet email langsung aja dateng ke tempat interviewnya, yaitu di sebuah co-working space daerah Demangan, deket UNY.

Buat dresscode nya sendiri, nggak ada yang khusus kok. Kayaknya yang penting bebas rapi aja. Singkat cerita, aku berangkat hari ini, Selasa pagi.
ootidi interviu yang terlihat terlalu flamboyan~

Dari rumahku yang jaraknya sekitar 40 kilometer kurang sedikit dari Jogja, aku berangkat jam 8 naik bus. Turun di terminal jam 8.45 an, aku langsung pesen ojol dan sampai di Demangan, tepatnya Jl. Affandi dan pas nyampe disana tepat jam 9, ternyata udah rame banget.

Disitu udah ada orang BBW nya yang memandu kita buat ngisi formulir. Berhubung aku nggak dapet email kedua, jadi aku harus ngisi manual karena namaku nggak ada di list dan dikategorikan sebagai kandidat on site

Pas nunggu giliran, aku ketemu sama temen baru, namanya Mbak Ala yang barusan lulus dari jurusan Bahasa Inggris. Orangnya manis banget. Kita ngobrol banyak soal buku-buku karena dia nanya aku pertama kali tentang buku terakhir yang aku baca dan langsung nyambung setelah tahu kita sama-sama suka baca Secrets of Divine Love. Hihi. Lucu deh, kayaknya rata-rata orang yang daftar jadi crew emang suka baca atau punya minat di perbukuan, karena kebanyakan dapet info lewat Literary Base (buat yang nggak tahu, Litbase adalah base di Twitter tempat nongkrong orang-orang yang suka baca dan beli buku). Sayangnya aku nggak sempet tukeran akun IG atau sosmed lain sama dia, semoga ketemu lagi deh di bazaar nanti.

Terus, untuk interviewnya sendiri itu berkelompok gitu, gengs. Tapi ditanyainnya tetep satu-satu. Pertanyaannya nggak banyak, kok. Seputar pengalaman organisasi, kenapa pengen jadi crew, kelebihan dan kekurangan diri, dan alasan kenapa kita milih section dan shift yang kita pilih di formulir.

Aku bilang kalau alasanku milih shift pagi adalah karena kosku di Babarsari dan aku takut pulang dini hari sendirian. WKWK (tertawa dengan penuh keprihatinan). Tapi bismillah, semoga kita semua terutama anak-anak survivor Babarsari-Seturan senantiasa diberi perlindungan yah~ Amiin.

Interview nya kayaknya nggak nyampe setengah jam, kok. Cepet banget. Disitu kita juga dikasih info lebih lanjut tentang shift, hari kerja, gaji, dan mekanisme lainnya. Boleh nanya juga kalau emang ada yang kurang paham.

Kalau dari pendaftarnya sendiri rata-rata aku lihat kebanyakan fresh graduate atau mahasiswa tingkat akhir. Tapi ya satu itu tadi, rata-rata punya minat yang sama, jadi bakal seru sih kalau kerja bareng nanti. 

Meski begitu, aku nggak pe-de bakal lolos karena tadi interview kerja pertamaku yang dilakukan secara offline. Biasa aku interview buat magang atau kepanitiaan itu lewat Zoom doang dan tadi aku nervous parah sampai lupa apa yang mau aku jelasin. HUHU. Sedih sih sepanjang perjalanan pulang, tapi ya gapapalah, itung-itung udah sampai nyoba ke tahap ini, dapet pengalaman baru~

Okaay, itu pengalamanku terkait pendaftaran dan interview crew BBW. Semoga bermanfaat dan see you di BBW Jogja 2022!! (Kalau nggak lolos, aku tetep pasti bakal dateng sebagai kastamer! Xixi.)



You Might Also Like

2 komentar